Mendunia, Ini 7 Kopi Indonesia yang Paling Digandrungi

Indonesia, penghasil kopi terbesar ke 4 di dunia

Mendunia, Ini 7 Kopi Indonesia yang Paling Digandrungidaunapi.com

Line IDN Times

Letak geografis dan kesuburan alam Indonesia membuat bijih kopi tumbuh subur di berbagai daerah. Masing-masing wilayah memiliki kopi khas masing-masing. Baik secara aroma, maupun cita rasanya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Cita rasa kopi Nusantara telah diakui dunia. Sedikitnya ada 7 kopi khas Nusantara yang digandrungi para pencinta kafein di dunia.

Kopi Java

Dari namanya, kita tahu kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Sebut saja salah satunya, Java Arabica, yang berasal dari perkebunan di kawah Gunung Ijen dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Kopi ini memiliki perpaduan rasa pedas, tetapi saat ditelan dia akan meninggalkan rasa manis yang lembut. Hingga saat ini, Kopi Java ini masih memiliki peran sebagai produsen kopi terbesar di dunia.

Kopi Toraja

Kopi yang satu ini tumbuh di dataran tinggi tenggara Pulau Sulawesi, tepatnya di daerah Toraja. Toraja dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika terbaik di dunia. Rasanya yang khas seperti rasa tanah dan membuat kopi ini diincar banyak orang.

Kata sebagian besar orang, kalau kamu telah menikmati kopi ini, maka rasa pahit kopi akan hilang. Nggak percaya? Cobain yuk!

Kopi Luwak

Kopi fenomenal asal Indonesia ini memang cukup mahal. Tapi, semua itu akan terbayar setelah kamu mencicipinya. Rasa khas tinggi dan lembut yang dihasilkan dari fermentasi langsung dalam perut luwak itulah yang membuat harganya jadi tinggi.

Kopi Aceh Gayo

Kopi ini tumbuh dan dibudidayakan di wilayah dataran tinggi “Tanah Gayo” yaitu di Aceh Tenggara. Rasanya khas gurih, hampir tidak pahit seperti kopi pada umumnya. Aromanya pun harum menyegarkan.

Baca Juga: Kamu Bukan Tukang Ngopi Sejati Kalau Belum Coba 7 Kopi Ini!

Kopi Sidikalang

Kopi ini ditanam di daerah Bukit Barisan, Sumatera Utara. Bukit Barisan sendiri memiliki suasana sejuk dan kondisi tanah yang kaya akan mineral. Nggak heran, kopi ini mempunyai cita rasa yang khas yang membuat ketagihan. 

Kopi Kintamani

Kopi ini ditanam di daerah yang sejuk di Pulau Bali yaitu di Daerah Kintamani. Teksturnya halus dan lembut. Rasanya seperti kita memakan buah-buahan asam nan segar. Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang. 

Kopi Wamena

Dataran Subur Wamena, Papua. Inilah yang membuat Kopi Wamena menjadi incaran para penikmat dan peminum kopi. Kopi ini telah dieskpor ke berbagai negara selama puluhan tahun. Di antaranya seperti Amerika, Singapura, Jepang, dan Australia. Hal ini membuktikan bahwa kopi Indonesia memang mempunyai kualitas tinggi.

Kamu sudah mencicipi kopi yang mana? 

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Pada Akhirnya Orang Rela Bayar Mahal Untuk Secangkir Kopi

Aluman Fitri Panjaitan

Keep focus on your target

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang0%
  • Vote SedihVote
    Sedih0%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur100%
  • Vote MarahVote
    Marah0%
  • Vote KagetVote
    Kaget0%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi0%
ARTIKEL TERKAIT