Kaum Millenials pasti ada yang belum tau kan kayak gimana sih daun kelor itu? Iya maklum daun kelor sendiri sudah jarang di jual di pasar-pasar. Padahal tumbuhan satu ini biasanya gampang ditemui di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Jika kamu masih bingung seperti apa rupa daun kelor, kamu bisa tanya ke orang tua atau kakek nenekmu. Pasalnya sayuran ini  umumnya digemari kalangan orang tua kita.

Daun kelor sendiri memiliki banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kaya akan kandungan vitamin dan sifat anti kankernya menyebabkan daun kelor dinobatkan sebagai tanaman paling berkasiat lho di dunia. Kabarnya sayur ini juga baik lho untuk diet. Jadi penasaran nih gimana ya cara masak daun kelor? Yuk kita tengok 5 resep olahan daun kelor berikut!

1. Sayur bening daun kelor

Pantang Ribet, 5 Resep Olahan Daun Kelor Ini Bisa Dicoba Siapa Aja!Cookpad.com

Simpel tapi bergizi

Sayur bening daun kelor merupakan sayur yang paling sering dan paling mudah dibuat. Nah pertama-tama siapkan daun kelor muda berwarna hijau muda sebanyak 1 ikat. Bila ingin lebih bervariasi kamu bisa menambahkan pilpilan jagung manis. Jangan lupa siapkan juga 2 ruas temu kunci, garam, penyedap rasa, 500ml air atau sesui selera.

Langkah pertama rebuskan air, kemudian masukkan jagung, daun kelor, garam, penyedap rasa dan juga 2 ruas temu kunci. Masaklah hingga  daun kelor dan jagung matang. Tadaaa, sayur bening daun kelor siap dihidangkan.

Sedikit tips untukmu, daun kelor ini akan terasa sedikit pahit, untuk mengatasinya rebus daun kelor terlebih dahulu tapi jangan terlalu lama ya guys. Setelah itu remaslah secara perlahan hingga air dari daun kelor ini sedikit hilang, baru setelah itu kamu bisa memasaknya sesuai selera.

2. Jukut roroban kelor

Pantang Ribet, 5 Resep Olahan Daun Kelor Ini Bisa Dicoba Siapa Aja!Eatphobia.info

Sayuran khas Bali yang enak banget

Nah sayuran khas satu ini jadi favorit masyarakat di Bali lho. Pengolahannya sama dengan sayur bening pada umumnya, akan tetapi jukut roroban ini dimasak dengan menambahkan santan dan juga bumbu yang digunakan pun lebih kompleks.

Bumbu yang digunakan adalah base genep alias bumbu kuning. Cara membuat bumbu kuning adalah siapkan 2 rimpang kunyit, 2 rimpang lengkuas, 1 rimpang kencur, 3 buah bawang merah, 2 buah bawang putih, 2 cabai merah besar, cabai kecil sesuai selera, merica hitam, ketumbar, rempah-rempah, sedikit terasi, sedikit gula aren lalu kemudian dihaluskan.

Cara memasak sayur roroban, pertama rebus daun kelor dan setelah itu diremas sedikit agar airnya keluar lalu kemudian ditiriskan. Masukkan air 500ml atau lebih ke dalam panci lalu kemudian biarkan hingga mendidih. Masukkan sayur kelor yang sudah direbus, daun salam dan juga bumbu kuning yang telah di haluskan tadi.

Biarkan hingga matang lalu kemudian tambahkan santan hingga sedikit mengental, lalu tambahkan garam, penyedap rasa dan sediki gula bila perlu. Kemudian rebus kembali hingga matang.

3. Telur dadar daun kelor

Pantang Ribet, 5 Resep Olahan Daun Kelor Ini Bisa Dicoba Siapa Aja!Blueband.co.id

Gurih-gurih gimana gitu

Ini sih cara masaknya gampang banget guys. Pertama ambil 3-4 butir telur sesui kebutuhan lalu masukkan ke dalam mangkuk. Lalu kemudian potong  cincang Bawang merah,daun bawang, sedikit seledri, cabai besar, cabai kecil dan tentunya daun kelor.

Masukkan potongan bumbu tadi ke dalam telur, tambahkan garam lalu kemudian dikocok. Goreng campuran adonan tadi hingga keemasan. Telur dadar daun kelor pun siap dinikmati. Sangat cocok disajikan untuk sarapan di pagi hari nih.

4. Sayur urap daun kelor

Pantang Ribet, 5 Resep Olahan Daun Kelor Ini Bisa Dicoba Siapa Aja!Uniek88.wordpress.com

Bisa ditambahkan sayuran lain

Cara memasaknya sama dengan sayur urap pada umumnya, hanya saja sayur yang digunakan adalah kelor. Pertama-tama seperti biasa rebus daun kelor yang muda, lalu tiriskan. Kalau di Bali bumbu yang digunakan biasanya bumbu kuning seperti pada roroban tersebut hanya saja kali ini yang di masak adalah kelapa yang sudah di parut.

Caranya, masukkan bumbu kuning, daun jeruk nipis, dan daun salam ke dalam wajan berisikan minyak yang sudah panas. Setelah agak matang kamu bisa memasukkan kelapa yang sudah d parut beserta santannya k dalam wajan berisi bumbu tadi. aduk merata. Jangan lupa menggoreng bawang merah dan putih sedikit ya untuk menambah kegurihan sayur urap ini.

Setelah semuanya beres, ambil sayur kelor yang sudah direbuskan tadi lalu aduk rata dengan bumbu yang sudah dibuat. Tambahkan garam dan sedikit penyedap bila diperlukan, bila kurang gurih kamu bisa menambahkan gula karena gula merupakan penyedap rasa alami. Setelah itu jangan lupa tambahkan bawang goreng. Wah sayur urap kelornya siap dihidangkan nih, gampang kan buatnya?

5. Tumis daun kelor

Pantang Ribet, 5 Resep Olahan Daun Kelor Ini Bisa Dicoba Siapa Aja!Uniek88.wordpress.com

Segarnya bikin ketagihan

Memasak sayur ini sama gampangnya dengan sayur bening. Pertama-tama buat bumbu terlebih dahulu. Potong 2 siung bawang merah, 1 siung bawah putih, 1 cabai merah besar, dan 1 cabai kecil (sesuai selera). Panaskan wajan lalu goreng potongan bumbu tadi, jangan lupa tambahkan daun salam sebagai penguat aroma. Setelah setengah matang, masukkan sayur kelor tadi. Nah Sayur kelor tumis ini akan lebih terasa nikmat apabila ditambahkan dengan sayur kacang panjang.

Tumis sayur tersebut hingga matang, tambahkan garam, dan juga penyedap rasa. Bila kamu sedikit terganggu dengan rasa pahit sayur kelor ini, tambahkan sedikit gula ke dalamnya. Diamkan sampai matang lalu kemudian angkat.

 

Nah itu dia tadi guys 5 resep olahan daun kelor yang super sehat dan enak ini. Selamat mencoba ya.

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

Yuni Prema Vahini

Seorang pemimpi yang hanya ingin mewujudkan mimpinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.