Di Korea Selatan, sup rumput laut ternyata tidak dapat dimakan tanpa ada acara tertentu seperti ulang tahun atau melahirkan. Ketika warga Korea Selatan sedang berulang tahun, maka di pagi hari diberikan sup rumput laut sebagai sarapan untuk merayakan hari pentingnya. Rasanya yang ringan dan enak seringkali dimakan dengan nasi sebagai hidangan pendamping.

Selain itu, ternyata sup rumput laut sehat untuk tubuh karena mengandung vitamin K yang tinggi sehingga berguna terhadap percepatan proses pembekuan darah. Untuk membuat sup rumput laut ala Korea ini cukup sederhana sehingga dapat digunakan pada setiap acara tertentu atau bahkan makan biasa.

Berikut ini adalah langkah langkah dari resep sup rumput laut atau disebut sebagai Miyeok Guk ini.

1. Persiapan bahan

Resep Miyeok Guk Khas Korea, Sup Rumput Laut Untuk Acara Ulang Tahun!Skagitguy.blogspot.co.id

Resep ini digunakan untuk kira-kira 12 mangkuk penyajian:

  • 3 ons rumput laut kering
  • 10 ons daging sapi
  • 4 sendok makan bawang putih cincang
  • 4 sendok makan gukganjang atau dapat digantikan dengan kecap asin 
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • garam dan merica sesuai selera
  • 20 cups air

2. Rendam rumput laut kering

Resep Miyeok Guk Khas Korea, Sup Rumput Laut Untuk Acara Ulang Tahun!Meandmrjones.co.uk

Sebelum memasukkan keseluruhan bahan ke dalam panci maka lebih baik untuk merendam rumput laut kering sekitar 30 menit. Take a note, kamu harus mencuci selama dua hingga tiga kali yang lalu diikeringkan. Untuk menghilangkan rasa terlalu asin dari rumput laut maka kamu perlu meremas-remasnya.

Setelah itu, tunggu rumput laut hingga mengering, bila menggunakan rumput laut kering berukuran besar maka potong kecil-kecil.

3. Masak dan bumbui daging terlebih dahulu

Resep Miyeok Guk Khas Korea, Sup Rumput Laut Untuk Acara Ulang Tahun!Simplyscratch.com

Sebelum menggoreng daging maka bumbui terlebih dahulu agar mendapatkan rasa yang enak yaitu dengan kecap asin, bawang putih, dan sedikit lada hitam. Namun, sebelumnya potong daging hingga ukuran kecil, setelah itu campurkan dengan bumbu yang telah disiapkan.

Persiapkan penggorengan dengan minyak wijen hingga panas, lalu masukkan daging sapi yang telah dibumbui. Goreng daging sapi hingga tidak lagi berwarna kemerahan atau sudah matang.

4. Campurkan rumput laut dengan daging

Resep Miyeok Guk Khas Korea, Sup Rumput Laut Untuk Acara Ulang Tahun!Givemethisday.com

Untuk sarannya, lebih baik memasak ini menggunakan panci karena nantinya harus ditambahkan air agar tidak meluber kemana mana. Masukkan rumput laut dan daging ke dalam panci lalu aduk aduk setelah menambahkan kecap asin kira kira satu sendok makan.

Tidak boleh langsung menambahkan air agar bumbunya merata terlebih dahulu dan rasa daging lebih terasa. Tumis rumput laut dan daging untuk waktu sekitar kurang lebih lima menit.

5. Tambahkan air dan rebus sup rumput laut

Resep Miyeok Guk Khas Korea, Sup Rumput Laut Untuk Acara Ulang Tahun!Glorioussouprecipes.com

Setelah ditumis untuk sekitar 5 menit, maka masukkan air ke dalam panci untuk direbus. Tambahkan garam dan bubuk lada hitam atau putih sesuai dengan selera. Turunkan panas dari kompor agar tidak kehabisan air ketika selesai, lalu tutup panci untuk sekitar 20 hingga 30 menit. 

 

Sudah siap terjun ke dapur dan langsung membuatnya?

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

Prila Sherly

A freelancer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.