Bunga pepaya merupakan jenis sayuran yang paling mudah didapatkan di sekitar kamu. Sayuran satu ini kaya akan nutrisi. Di antaranya kalsium, zat besi dan protein. Sehingga bisa memberikan efek yang bagus bagi tubuh seperti lancarnya pencernaan, menormalkan tekanan darah serta mengurangi nyeri haid bagi para perempuan.

Sayangnya, walaupun sudah mengetahui kandungan positif dalam sayur bunga pepaya ini, banyak orang cenderung tidak mengonsumsi sayuran ini. Hal ini disebabkan karena rasa pahit yang terasa saat memakannya.

Rasa pahit bunga pepaya ini sebenarnya bisa disiasati dengan mengolah bunga pepaya menggunakan bahan-bahan sederhana di sekitarmu.

Berikut empat bahan ampuh yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya. Bisa langsung kamu coba praktikkan di rumah, ya.

1. Tanah liat

Ampuh! 4 Bahan Sederhana Ini Bisa Hilangkan Pahitnya Bunga Pepayapexels.com/ Regiane Tosatti

Percaya gak percaya, tanah liat memang sering digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya, lho. Caranya, hancurkan dan haluskan tanah liat kering terlebih dahulu. Lalu campurkan dengan air yang akan dipanaskan.

Saat campuran air dan tanah liat sudah mendidih, masukkan potongan-potongan bunga pepaya ke dalamnya. Tunggu sampai teksturnya berubah empuk, angkat dan tiriskan bunga pepaya dan cuci hingga bersih.

2. Daun jambu biji

Ampuh! 4 Bahan Sederhana Ini Bisa Hilangkan Pahitnya Bunga Pepayahttps://ohayo.co.id

Gak hanya buahnya yang sangat lezat saat dimakan. Daun dari jambu biji ini juga bisa menghilangkan cita rasa pahit dari bunga pepaya. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, bunga pepaya cukup direbus bersama daun jambu biji tersebut.

Setelah teksturnya empuk, pisahkan antara daun jambu biji dengan bunga pepaya lalu cuci bersih dan peras, untuk kemudian lanjut diolah dengan bumbu-bumbu dapur lainnya.

3. Daun singkong

Ampuh! 4 Bahan Sederhana Ini Bisa Hilangkan Pahitnya Bunga Pepayahttp://www.infoalami.com

Cara menghilangkan rasa pahit dengan daun singkong, sama seperti menggunakan daun jambu biji. Rebus daun singkong dengan bunga pepaya terlebih dahulu. Lalu saat sudah mendidih dan terasa matang barulah keduanya dipisah.

Bunga pepaya yang telah matang tersebut ditiriskan, lalu diperas untuk menghilangkan sisa-sisa air rebusannya.

4. Asam Jawa

Ampuh! 4 Bahan Sederhana Ini Bisa Hilangkan Pahitnya Bunga Pepayahttp://asamjawagunung.com

Asam Jawa memang bumbu dapur yang serbaguna. Selain untuk menambah cita rasa masakan, asam Jawa ternyata juga bisa menetralisir rasa pahitnya bunga pepaya. Sebelum diolah bersama bumbu-bumbunya, rebus bunga pepaya terlebih dahulu, dengan menambahkan asam jawa dalam air rebusannya.

Tunggu sampai rebusan mendidih atau sekitar 15 menit. Angkat dan cuci bunga pepaya dengan air bersih, kemudian tiriskan.

Jadi sekarang, gak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi bunga pepaya karena rasanya yang pahit, kan?

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

ghafsari

Thriller is not my cup of tea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.