Di Indonesia, Lebaran menjadi salah satu hari raya yang banyak ditunggu masyarakat. Saat Lebaran biasanya kita memiliki tradisi masak-masak dan bersilaturahmi dengan sanak saudara. Tidak lupa juga, berbagai sajian makanan khas mulai dari ketupat hingga kue-kue lezat pasti siap terhidang. 

Misalnya seperti kue cantik dengan rasa gurih yang sangat khas yang bernama kembang goyang. Selain bentuknya yang cantik, ternyata kembang goyang juga memiliki rasa yang unik banget lho. Nah, berikut ini ada 5 tips yang bisa kalian terapkan saat membuat kembang goyang nih. Dijamin berhasil dan gurih deh hasilnya!

1. Gunakan komposisi tepung yang tepat

5 Tips Membuat Kembang Goyang Gurih & Cantik, Pas Buat Sajian Lebarannuriandcuisine.wordpress.com

Untuk membuat kembang goyang, kamu membutuhkan 3 jenis tepung yang dicampur menjadi satu. Tepung-tepung tersebut terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras. Hal lain yang harus diperhatikan adalah campuran bahan lain seperti telur, vanili, gula dan santan.

Untuk mendapatkan cita rasa gurih yang maskimal, sebaiknya kamu tidak lagi perlu menambahkan air ke dalam adonan sebab santan saja sudah cukup. 

2. Menyaring adonan sebelum dicetak

5 Tips Membuat Kembang Goyang Gurih & Cantik, Pas Buat Sajian Lebaranmediapovar.ru

Agar kembang goyang renyah dan gurih, kita perlu menyaring adonan yang tadi sudah dibuat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada gumpalan tepung atau butiran yang nantinya bisa membuat kembang goyang keras dan bantat. Cara menyaringnya bisa menggunakan saringan yang biasa digunakan untuk santan atau dengan kain.

3. Jangan langsung menggunakan cetakan saat menggoreng

5 Tips Membuat Kembang Goyang Gurih & Cantik, Pas Buat Sajian Lebarantokopedia.com

Cetakan jadi salah satu komponen utama dalam pembuatan kembang goyang. Supaya adonan tidak lengket dan menempel pada cetakan, kamu harus terlebih dahulu mencelupkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak panas. Dengan begini adonan akan mudah terlepas dari cetakan dan bentuk dari kembang goyang juga akan rapih. 

4. Jangan mengambil adonan terlalu banyak

5 Tips Membuat Kembang Goyang Gurih & Cantik, Pas Buat Sajian Lebaranrasamasa.com

Saat cetakan telah terlapisi dengan minyak, maka selanjutnya kita tinggal mencelupkan cetakan ke dalam adonan tepung. Namun agar bentuknya sempurna dan tidak bantat, sebaiknya kita cukup mencelupkan cetakan ke dalam adonan hanya di bagian atasnya saja.

Jangan sampai mencelupkannya hingga seluruh cetakan tertutup adonan apalgi hingga tenggelam ke dalam adonan tepung. 

5. Goyang-goyang cetakan dengan hati-hati

5 Tips Membuat Kembang Goyang Gurih & Cantik, Pas Buat Sajian Lebaranrancahpost.co.id

Nama kembang goyang sendiri berasal dari proses pembuatannya yang unik, yaitu dengan menggoyang-goyangkan adonan hingga terlepas dari cetakan. Cara melepaskannya juga tidak perlu secara paksa, cukup goyangkan cetakan perlahan hingga kue terlepas dengan sendirinya. Agar lebih mudah menggoyangkannya, disarankan untuk tidak memasukkan adonan terlalu banyak. 

Itu tadi, 5 tips yang bisa kalian praktekkan saat membuat kue kembang goyang. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

alys

find your passion&love to life. kindly watch this video https://youtu.be/i4uOBX4x1Yw

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.