6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesan

Jangan sampai yang dipesan gak sesuai yang dibayangkan

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpixabay.com/PublicDomainPictures

Salah satu kuliner Jepang yang begitu terkenal di Indonesia adalah sushi. Banyak orang Indonesia yang menyukai makanan asal Negeri Sakura ini.

Sushi terkenal dengan bentuknya yang khas dan dibalut dengan rumput laut. Namun, sushi sebenarnya terdiri atas berbagai macam bentuk dan sebutan yang berbeda lho!

Pernah gak kamu merasa bingung saat memesan sushi? Sebutannya yang beraneka ragam itu membuat kamu gak ngerti bentuk sushinya seperti apa.

Tak hanya nama yang berbeda, penyajiannya pun berbeda lho. Di Jepang sendiri, ada lebih dari 50 sebutan untuk sushi. Banyak banget ya? Biar gak salah pesan, coba pahami jenis-jenis sushi di bawah ini dulu ya.

1. Nori maki

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpixabay.com/PublicDomainPictures

Kamu pasti gak asing dengan bentuk nori maki. Yap, sushi yang kamu bayangkan itu adalah nori maki. Nori maki disajikan dengan membalut nasi beserta isiannya dengan rumput laut.

Isian nori maki beragam, tergantung seleramu. Ada yang berisi salmon, tuna, belut, gurita, dan lain sebagainya.

2. Nigiri

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpixabay.com/StockSnap

Nigiri menjadi salah satu menu favorit di restoran sushi. Berbeda bentuk dengan nori maki, nigiri disajikan dengan sangat sederhana. Sushi ini disajikan dengan nasi yang di atasnya diberi potongan ikan.

Ikan-ikan tersebut bisa salmon, tuna, cumi-cumi, belut, atau gurita. Biasanya ikan tersebut disajikan mentah tapi tetap nikmat!

3. Sashimi

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpixabay.com/PublicDomainPictures

Pasti gak asing dengan sebutan sushi satu ini, kan? Kalau kamu gak doyan makanan mentah, sebaiknya jangan memesan menu satu ini.

Sashimi adalah potongan daging ikan yang disajikan mentah di piring saji. Kamu tidak memakannya dengan nasi, tapi cukup celupkan di saus yang tersedia. Daging ikannya terasa segar lho!

Baca juga: Kit Kat Luncurkan Varian Baru: Kit Kat Sushi. Seperti Apa Rasanya?

4. Chirashi sushi

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpinterest.com/Tere Cruz-Tenorio

Chirashi sushi berupa rice bowl  atau semangkuk nasi yang di atasnya diberi banyak topping  lezat. Chirashi memiliki topping  makanan laut yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar nori maki. Misalnya udang salmon, telur ikan, tahu, dan sebagainya.

5. Oshizushi

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpinterest.com/The Piquey Eater (Katherine)

Nori maki dan oshizushi memiliki bentuk yang berbeda. Kalau nori maki berbentuk lingkaran atau bulat, oshizushi berbentuk kotak.

Pengolahannya pun berbeda. Oshizushi dibuat dengan cara ditekan dalam kotak kayu khusus. Meski bentuk dan pengolahannya berbeda, tapi nikmatnya sama kok. Bahan dasarnya juga tidak jauh dari nasi dan ikan laut lainnya.

6. Inarizushi

6 Jenis Sushi Ini Harus Kamu Pahami supaya Gak Salah Pesanpinterest.com/Sumo Japanese Steakhouse

Sangat berbeda bentuk dengan sushi yang kamu bayangkan. Inarizushi terlihat seperti tahu goreng dari luar. Yap, lapisan luarnya memang terbuat dari tofu yang digoreng.

Di dalamnya berisi nasi halus yang mengenyangkan. Perpaduan antara nasi dan tofu ini begitu lembut di dalam mulut lho. Yummy banget!

Wajib tahu nih kalau kamu memang penggila sushi. Masa pencinta sushi gak tahu bedanya nori maki dan nigiri? Semoga kamu gak salah pesan menu saat makan di restoran sushi ya!

Baca juga: 12 Sushi Paling Indah di Dunia, Bikin Gak Tega Makannya

Read More
Dewi Suci R.
EditorDewi Suci R.
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI