Tahukah Kamu 13 Bumbu Dapur Ini Bikin Cantik dan Ganteng?

Nomor 11 bisa hilangkan ketombe lho!

Tahukah Kamu 13 Bumbu Dapur Ini Bikin Cantik dan Ganteng?instagram.com/tatjanasaphira

Setiap orang pasti menginnginkan penampilan yang baik. Tak hanya perempuan yang mendambakan kecantikan, laki-laki pun pasti ingin terlihat tampan kan? Namun, kamu pasti berpikir bahwa kecantikan dan ketampanan tersebut bisa didapatkan kalau melakukan perawatan.

Jangan salah! Gak perlu mengeluarkan uang banyak agar bisa melakukan perawatan kecantikan kok! Hanya dari bumbu dapur, kamu bisa mendapatkan perawatan kecantikan yang tak kalah khasiatnya dengan obat klinik. Ini dia 13 bumbu dapur yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan di rumah!

1. Teh

bumbu-6b772251f03b8ab656ab29bd6f5e029e.jpghomeremedies9.com

Sekali dayung, dua pulau terlampaui nih! Kamu bisa menikmati es teh maupun teh hangat sesuai seleramu. Setelah itu, jangan buang ampas kantung tehnya! Ampas kantung teh tersebut bisa kamu gunakan sebagai masker mata lho! Khasiatnya adalah untuk menghilangkan kantung mata akibat keseringan begadang.

2. Kopi

bumbu2-ad5eae2ba0dbc320c5ed676840e1fa56.pngaquaspresso.co.za

Ampas kopi juga jangan dibuang ya! Ternyata, ampas kopi bisa digunakan sebagai masker wajah lho. Dengan menggunakan masker kopi, kamu bisa menghilangkan keriput di wajah! Untuk membuat masker kopi ini, kamu memerlukan dua sendok makan ampas kopi dan sebutir putih telur. Campurkan putih telur dan ampas kopi tersebut dan oleskan pada wajah kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas wajahmu dan kamu akan terlihat lebih segar!

3. Garam

bumbu3-40a51508b8e0f07c30d2484c1263a170.jpgideadigezt.com

Memang asin sih, tapi manfaatnya sangat banyak nih! Selain untuk menyedapkan rasa masakan, garam juga sangat efektif untuk membersihkan wajah. Untuk kamu yang sering menggunakan makeup, cobalah membersihkan wajahmu dengan garam. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut di wajah sambil dipijat lembut. Dijamin deh kotoran dan bekas makeup akan hilang seketika!

4. Jeruk Nipis

bumbu4-40a51508b8e0f07c30d2484c1263a170.jpgpixabay.com

Punya masalah dengan jerawat di punggung? Jeruk nipis bisa bantu kamu menghilangkannya! Cukup oleskan perasan air jeruk nipis ke bagian punggung yang berjerawat. Memang akan terasa perih, tapi itulah proses mematikan kuman dan bakteri penyebab jerawat di punggungmu. Tahanlah beberapa saat dan bilas dengan air.

5. Merica

bumbu5-e2e5a805e5495d6f8d29118dad4fd1a7.jpgpixabay.com

Penyumbang rasa pedas pada masakan ini sangat bermanfaat menghilangkan komedo di wajah! Bagi kamu yang merasa terganggu dengan komedo, cobalah mencampurkan sesendok makan bubuk merica dan satu sendok makan yoghurt plain. Oleskan campuran tersebut ke wajahmu, terutama spot yang banyak komedonya. Setelah 10 menit berlalu, bilas wajahmu hingga bersih. Noda komedo di wajah kamu akan hilang karena efek pedasnya merica itu lho!

6. Serai

bumbu6-e7a8c77fe640f8bd7622624dd4c0e566.jpgresepkoki.id

Salah satu bahan membuat gulai ini ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Gak hanya perempuan, laki-laki yang berjerawat pun bisa diatasi dengan serai. Cukup campurkan serai dengan teh dan oleskan di wajah. Campuran itu akan bantu menghilangkan jerawat yang mengganggu kecantikan atau ketampananmu! Coba gih!

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Mencerahkan Warna Gigimu lho!

7. Gula Merah

bumbu7-1d8cb128b9b12b572a0368cef387aed0.pngwinnetnews.com

Selain rasanya yang manis, gula merah juga bisa bikin wajahmu makin manis! Kamu gak perlu khawatir sama pori-pori wajah yang besar. Cukup iris gula merah dan campur dengan madu. Oleskan di wajah sembari pijat dengan lembut. Tunggu beberapa saat dan bilas. Kamu akan merasakan khasiatnya yang ampuh!

8. Lengkuas

bumbu8-848f93f10b210e5b638d8ac4c0e21816.jpghellosehat.com

Punya panu di badan? Aduh! Gak banget kan? Wajah sudah cantik atau tampan, tapi ada panu di bahu atau punggung? Lengkuas bisa jadi solusi masalahmu ini! Ambil satu buah lengkuas dan belah menjadi dua bagian. Gunakan bagian dalam atau belahan tersebut. Gosokkan lengkuas pada tubuh yang berpanu. Lakukan tiga kali sehari, panumu bakal segera hilang deh!

9. Asam Jawa

bumbu9-bf6f24bcf770cacf9356d09d04432776.jpgmagazine.orami.co.id

Selulit tentu menjadi salah satu masalah penampilan seseorang. Wajah sudah tampan atau cantik, tubuh juga seksi atau berotot, eh tapi ternyata punya selulit? Asam Jawa akan membantumu menghilangkan selulit di tubuh itu! Ambil beberapa ekstrak asam, tambahkan perasan lemon dan gula di dalamnya. Tambahkan sedikit baking soda di campuran tersebut. Gosokkan campuran tersebut ke selulit menggunakan sikat. Lakukan perlahan saja agar tak menyakiti kulitmu!

10. Kayu Manis

bumbu10-c02fb09c154e88bddef9405cdc9e87df.jpgmedicalnewstoday.com

Rasanya yang khas tentu menjadi favorit bagi beberapa orang. Tak disangka-sangka, kayu manis bisa cegah penuaan pada kulit lho! Masker kayu manis bisa jadi solusi masalahmu ini. Campurkan bubuk kayu manis dengan madu. Oleskan pada wajah secara merata dan selamat tinggal tanda-tanda penuaan pada kulit!

11. Kunyit

bumbu11-02cfb78f4090f6608e01a94554804d29.jpgfamilinia.com

Kalau dari tadi hanya untuk wajah ataupun kulit, bumbu dapur satu ini sangat bermanfaat untuk rambutmu! Wajah sudah cakep, penampilan sudah oke, tapi rambut ketombean? Iyuh! Gunakan kunyit untuk hilangkan ketombe di rambutmu itu! Selain itu, kunyit juga bisa atasi masalah rambut rontok lho. Bermanfaat banget kan bumbu dapur satu ini.

12. Bawang Putih

bumbu12-1205ad0634381d22947d6ebf34157ae7.jpgfamilinia.com

Bumbu dapur wajib ini ternyata ampuh sebagai penyubur rambut. Gak perlu ngeluh lagi soal rambut rontok atau rambut yang tipis. Irislah bawang putih dan tambahkan sedikit olive oil. Oleskan ke kepala kamu sambil dipijat-pijat. Lakukan ini secara rutin dan rasakan perubahan pada rambutmu!

13. Santan

bumbu13-8a7a30e50a8165615d8ff7bab770b1d1.jpghellosehat.com

Sudah lama banget santan dipercaya dapat membuat rambut lebih lembab dan tidak kering. Agar rambut tetap on point, kamu bisa mengoleskan santan ke kepala sambil beri sedikit pijatan. Tunggu hingga kering lalu bilas hingga bersih. Eits! Kalau rambut kamu berminyak, jangan gunakan santan ya! Malah makin berminyak nantinya.

Gak nyangka kan merica bisa hilangkan komedo? Atau asam Jawa yang bisa hilangkan selulit. Masalah kecantikan dapat kamu atasi dengan bumbu dapur ini kok! Gak perlu keluarin duit banyak nih! Semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Bibir Gelap? Atasi dengan 5 Makanan Enak Ini

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI