Susah Buang Air Besar? Cobalah Konsumsi 4 Makanan Ini

Cobalah. Makanan ini ada di sekitar kita kok

Susah Buang Air Besar? Cobalah Konsumsi 4 Makanan Inimeetdoctor.com

Line IDN Times

Secara alami, tubuh akan mengalami kontraksi setiap paginya untuk buang air besar. Namun beberapa dari kita tidak mengalaminya. Bahkan tidak mendapatkan kontraksi untuk buang air besar hingga berhari-hari. Kondisi ini disebut sembelit. Disebabkan oleh banyak faktor. Yaitu wasir, kurang minum, kurang konsumsi makanan berserat, hamil, stres bahkan dapat disebabkan beberapa penyakit yang mungkin berbahaya. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai dari pengaturan pola hidup, hingga mengonsumsi makanan yang dapat membantu melancarkan BAB. Beberapa makanan ini membantu memperlancar buang air besar, di antaranya:

1. Madu

Madu memiliki enzim serta mineral penting yang dapat memberikan efek positif pada saluran pencernaan, dengan memperkuat saluran cerna. Sehingga dapat mencerna makanan yang keras. Cara konsumsinya yaitu madu ditambah air hangat, diminum kurang lebih setengah jam sebelum makan.

2. Cokelat

Siapa sangka makanan manis ini dapat membantu memperlancar buang air besar. Cokelat yang dikonsumsi haruslah cokelat hitam (Dark choco). Kandungan magnesium yang tinggi dalam cokelat hitam mampu meningkatkan kinerja usus dan membantu kontraksi otot polos usus.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya selain digunakan untuk mempercantik rambut, juga memiliki manfaat lain untuk mengatasi sembelit. Cukup dibuat menjadi jus segar agar mudah dicerna dan rasakan manfaat dari lidah buaya ini.

4. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan yang dapat melunakkan tinja. Sehingga mempermudah pembuangan tinja. Selain pepaya, buah nanas, tomat, lemon juga mampu memperlancar buang air besar.

Selain dari makanan, pola hidup juga berperan besar dalam mengatasi sembelit. Seperti cukup minum air, aktif bergerak, jangan menahan BAB dan lainnya.

Robert Hendra Putra Photo

Seorang manusia bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang0%
  • Vote SedihVote
    Sedih0%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur50%
  • Vote MarahVote
    Marah0%
  • Vote KagetVote
    Kaget0%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi50%
ARTIKEL TERKAIT