Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!

Kurang-kurangin, ya

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!rentacenter.com

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang sedang diet dengan mengurangi porsi makan? Pada dasarnya, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

Menurut ilmuwan nutrisi, Matthew Lantz Blaylock, cara paling ampuh menambah atau mengurangi berat badan adalah dengan mengontrol jumlah kalori dalam tubuh. Salah satu kunci terbaiknya, kamu harus mengetahui berapa kandungan kalori dalam setiap makanan.

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan kalorinya masing-masing, tergantung dengan tinggi, berat, dan rutinitasnya. Namun, apakah kamu sudah tahu setiap kandungan kalori makanan favoritmu?

1. Siomay

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!Wikipedia.org

Siomay ini merupakan makanan yang sulit ditolak, terutama ketika jam makan siang atau sore. Namun, setiap potongan siomay mengandung 51 kilokalori (kkal).

Umumnya, satu porsi yang terdiri dari siomay, tahu, kol, kentang, dan bumbu kacang, mangandung sekitar 500 kalori.

2. Batagor

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!tokomesin.com

Siomay yang dicampur dalam batagor ini gak kalah nikmat. Makanan krispi ini mengandung 58 kkal setiap potongnya. Biasanya, dalam satu porsi batagor mengandung sekitar 327 (kkal).

3. Kacang

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!huffingtonpost.com.au

Sebagian orang pasti butuh kudapan agar makin asyik saat nonton TV, seperti kacang-kacangan. Biasanya, kacang-kacangan mengandung sekitar 718 kkal per 100 miligram. Misalnya seperti kacang tanah, kacang mede, dan almond.

Bungkus terkecil kacang kemasan sekitar 75 gram atau setara dengan 75 ribu miligram. Jadi masih mau untuk tidak berbagi kudapanmu dengan orang lain?

Baca juga: 9 Makanan Kombinasi Ini Bagus Banget untuk Diet, Mau Coba?

4. Popcorn

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!thescienceofeating.com

Selain kacang, popcorn juga menjadi hidangan utama saat menonton di bioskop. Normalnya, per 100 miligram popcorn mengandung sekitar 387 kalori. Sedangkan,  popcorn microwave memiliki lebih banyak mengandung kalori sekitar 429.

5. Kue Cubit

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!resepdanmasakan.com

Kue khas Nusantara ini gak kalah populer sebagai jajanan di sekolah. Setiap daerah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, terutama untuk topping-nya. Kue cubit biasa mengandung 183 kkal untuk setiap 60 gramnya.

6. Aneka Gorengan

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!indoindians.com

Belum ada yang bisa mengalahkan sensasi makan gorengan ditemani secangkir kopi saat hujan. Rasanya begitu nikmat dan hidup terasa begitu damai.

Namun, di balik kelezatannya, gorengan ini bisa menjadi sumber penyakit yang sangat ganas. Selain mengandung banyak minyak, biasanya satu potong gorengan (pisang, tahu, tempe, dan lain-lain), setidaknya mengandung sekitar 30-60 kkal.

7. Martabak Manis

Duh, Ternyata 7 Makanan Favorit Ini Bikin Perut Cepat Buncit Lho!blog.reservasi.com

Camilan satu ini tak kalah lezat dan terbukti sebagai salah satu makanan ampuh untuk calon mertua. Martabak juga sangat pas untuk dimakan rame-rame.

Memang, martabak manis biasanya menjadi camilan untuk berbagi, tapi setiap satu potongnya mengandung sekitar 347 kkal lho.

Jadi, apakah kamu sudah menghitung kandungan kalori yang masuk ke dalam tubuhmu hari ini? Rata-rata untuk usia 19-30 tahun, wanita membutuhkan sekitar 2.000-2.200 kal. Sedangkan, pria memerlukan 2.600-3.000 kal per harinya.

Baca juga: Awas! Makan 5 Buah Ini Bisa Bikin Kamu Semakin Gemuk Lho

Read More
Dewi Suci R.
EditorDewi Suci R.
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI