7 Kuliner Paling Enak di Singkawang Ini Bikin Ngiler Banget!

Rugi banget kalau gak nyobain

7 Kuliner Paling Enak di Singkawang Ini Bikin Ngiler Banget!satyawinnie.com

Singkawang merupakan sebuah kota di Kalimantan Barat, sekitar 145 kilometer sebelah utara Pontianak. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 246 ribuan dengan mayoritas penduduk keturunan Tionghoa, Dayak, dan Melayu.

Mayoritas penduduk keturunan Tionghoa yang memeluk Buddha dan Khonghucu membuat banyaknya bangunan vihara atau kelenteng di sana. Bahkan, Singkawang mendapat julukan 'Kota Seribu Kelenteng' dan 'Hong Kong-nya Indonesia'.

Selain itu, kamu akan merasa cukup sulit mendapatkan makanan halal di sana. Tapi, jangan sedih, berikut ada 7 kuliner lezat halal khas Singkawang yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.

1. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

bakso-68-0bed4aa37ea22af9e5f9a8b9d78eaacc.JPGsatyawinnie.com

Pecinta bakso "haram" melewatkan tempat kuliner satu ini. Berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 68, tempat ini selalu ramai dan penuh antrean.

Saking populernya, kamu bisa melihat foto orang-orang terkenal yang sudah pernah singgah di sini. Keunikan bakso ini terletak pada tekstur dagingnya yang halus.

Selain itu, rasanya sangat menggugah selera dengan kuahnya yang gurih. Harga per porsinya dibandrol mulai Rp 16 ribu.

2. Bakmi Kering Haji Aman

mie-kering-2-903ceb1d3c0d301d7fa73138e1e2e92e.JPGsatyawinnie.com

Kuliner lezat selanjutnya berlokasi di Jalan A. Yani, Sedau, Singkawang Selatan. Sesuai namanya, menu andalannya merupakan bakmi kering dengan harga mulai Rp 15 ribu. Tersedia kuah kaldu yang lezat untuk kamu yang tidak suka makan mie kering.

Makanan ini sangat hemat di kantong dengan rasa yang nikmat. Daging sapi dan baksonya empuk banget. Mantap euy!

3. Bubur Paddas

bubur-paddas-1-c856b364ba91b7c9d6d36fad1fc32695.JPGsatyawinnie.com

Di Singkawang, bubur paddas merupakan salah satu kuliner khas dengan rasa gurih dan sedikit asam. Bubur ini dicampur dengan kaldu, jagung, pakis, kangkung, tauge, serta ditaburi kacang tanah dan ikan teri.

Kamu bisa mencicipinya di Rumah Makan Benareh, samping Bank Mandiri Singkawang. 

Baca juga: Menu Sarapan 11 Orang Terkenal di Dunia, Tiru Yuk Biar Ikutan Sukses!

4. Mie Tiaw Asu

mie-tiaw-1-ec6b6939c91368278f7521b681438e0f.JPGsatyawinnie.com

Bagi orang Jawa, makanan di sini bakalan dikira haram karena mengandung kata 'asu' alias anjing. Di Singkawang, "asu" berarti paman yang berasal dari kata 'asuk'.

Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Mie Tiaw Asu ini, menyajikan mie berbentuk pipih seperti kwetiau, yang diolah dengan kecap, tauge, telur, daun cengkok manis, dan perasan jeruk nipis. Soal rasa, tidak perlu kamu ragukan, endes banget!

5. Bubur Gunting

bubur-gunting-2-883f3ed3b701bed9fd93eec3c0ad54b1.JPGsatyawinnie.com

Selain bubur paddas, Singkawang juga memiliki bubur gunting yang tak kalah lezat. Bubur ini berisi kacang hijau yang sudah dikupas, dicampur dengan air gula, tepung kanji kental, daun pandan dan cakwe kering yang digunting kecil-kecil. 

Bubur ini banyak dijual di pinggir jalan, terutama saat sarapan. Bubur gunting merupakan salah satu kuliner lezat untuk sarapan favorit warga Singkawang.

6. Choi Pan

choi-pan-5e4dd65aeb1f9fa3603b1a065fccf275.JPGsatyawinnie.com

Berada di dalam kediaman keluarga Tjhia, di Jalan Budi Utomo Nomor 38, kamu bisa merasakan kelezatan choi pan yang halal. Makanan satu ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan bengkuang, diiris tipis dicampur dengan udang, ayam, dan ikan.

Ada taburan bawang putih goreng di atasnya, terasa sangat nikmat disantap saat baru selesai dikukus. Tambahkan saus sambal untuk rasa yang lebih mantap.  

7. Rujak Thai Pui Ji

rujak-ebi-d2d4aa5f9130974f8cb1c46fbbef0bca.JPGsatyawinnie.com

Singkawang juga memiliki rujak enak. Bedanya dengan rujak lainnya terletak pada serutan ebi kering di atasnya. Rasanya jadi unik, segar, dan gurih.

Salah satu tempat favorit menikmati rujak ini ada di Jalan Muslimin Ismail Nomor 8. Selain rujak ebi, di sini kamu bisa menikmati beragam rujak lainnya. Misalnya seperti rujak buah, rujak mangga, dan maish banyak lagi yang lainnya.

Gimana, semakin tertarik berkunjung untuk menikmati sajian lezat khas Singkawang? Dijamin kamu bakal ketagihan dan tak ingin cepat pulang!

Baca juga: Perang Kopi Susu Kekinian, Murah tapi Lebih Enak dari Starbucks

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI