Tahu pempek kan? Makanan khas Palembang ini punya fakta unik yang harus diketahui. Nah penasaran seperti apa? Cek deh di bawah ini. Kamu para penggemar pempek wajib tahu!

1. Membutuhkan keahlian dalam tiap prosesnya

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selataninstagram.com/erlyshiatan

Untuk membuat pempek yang lembut, enak, dan tahan lama, membutuhkan keahlian dalam setiap prosesnya. Mulai dari pemilihan ikan sebagai bahan baku, hingga pengemasan atau penyimpanan. Tak heran, jika banyak orang yang pertama mencoba membuat pempek hasilnya terasa lebih keras atau lebih alot.

 

2. Pempek terus berinovasi

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selataninstagram.com/jajanpalembang/

Di Palembang, pempek awalnya hanya olahan ikan yang di campur tepung kanji/sagu. Sekarang, variasi pempek sudah banyak. Mulai dari pempek hitam, pempek donat, pempek warna warni, pempek keju juga ada.

3. Industri terbesar yang menghasilkan lapangan kerja di Palembang

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selataninstagram.com/kamerashaful/

Lebih dari 280 Industri Kecil Menengah menjalankan bisnis Pempek di Palembang loh. Industri-Industri ini menghasilkan lapangan kerja bagi kerabat, tetangga, hingga pendatang. 

4. Penunjang ekonomi tertinggi di Palembang

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selataninstagram.com/kamerashaful/

Banyaknya Industri yang menjalankan bisnis ini membuat pempek jadi produk penunjang ekonomi tertinggi di Sumatera Selatan, Khsusunya kota Palembang. Dari Pemberitaan Media, Kepala Dinas Periundistrian dan Perdagangan Sumatera Selatan menyebutkan, 6 sampai 8 ton pempek keluar dari Palembang setiap harinya. Jumlah ini diprediksi meningkat karena perhelatan Asian Games di Palembang Agustus mendatang.

5. Produk lokal yang eksis di pasar Asean

5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selataninstagram.com/galuh_adjeng

Pempek juga di ekspor ke mancanegara. Di antarannya Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Nah, apakah kamu salah satu penggemarnya?

Relia Ariany

Really interested with Indonesian culture, nature, and the people. A public health student at Sriwijaya University. For more information abaout Unsri. Check here (gelorasriwijaya.co)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.