7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!

Bangunannya antik, kulinernya klasik, lengkap sudah!

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!food.ndtv.com

Hungaria yang beribukota di Budapest ini adalah salah satu negara tertua di Eropa dan bercirikan gedung-gedungnya yang berdesain antik. Budapest berasal dari kata ‘Buda’ dan ‘Pest’. Keduanya merupakan dua daerah yang dipisahkan oleh salah satu sungai terbesar di Eropa, yaitu sungai Donau.

Selain itu, negara dengan masyarakat berpenutur bahasa Magyar ini tak hanya menawarkan keindahan panorama alam ataupun arstitektur bangunannya yang mempesona. Kuliner klasiknya pun layak sekali untuk dicoba.

Nah, selain menikmati keindahan kota, kamu juga bisa banget menyantap sajian khas dari negara yang juga populer dengan toko-toko buku bekasnya atau lazim disebut sebagai ‘Antikuarium’ tersebut.

1. Goulash

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!taste.com.au

Goulash merupakan hidangan nasional Hungaria. Masakan tradisional yang satu ini terdiri dari sup daging yang dilengkapi dengan kentang, sayuran seperti wortel dan paprika, serta bumbu-bumbu rempah lainnya. Selain itu, daging yang digunakan pun bervariasi tergantung selera. Misalnya, daging sapi, angsa, domba, atau bahkan rusa.

2. Hortobágyi Palacsinta

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!pinterest.com

Hortobágyi Palacsinta adalah sejenis crepe yang sangat digandrungi di negara ini. Makanan berbentuk gulungan tipis ini disajikan bersama siraman kuah sup yang kental, serta potongan daging sapi muda atau ayam krim asam, dan juga ditambah dengan saus paprika.

3. Kürtőskalács

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!wacana.co

Kürtőskalács merupakan camilan yang terbuat dari adonan pastry berbentuk lilitan seperti silinder. Adonan ini kemudian dipanggang dalam oven terbuka. Selanjutnya, adonan tersebut ditaburi dengan gula, bubuk kayu manis, bubuk kokoa, atau kacang walnut.

4. Lángos

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!cheapandcheerfulcooking.com

Hidangan yang satu ini umumnya disajikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Hungaria. Selain itu, Lángos juga dapat dijadikan kudapan yang dapat dijumpai di pinggiran jalan Hungaria. Lángos berbentuk seperti roti pipih seukuran sekitar sepiring makan bertekstur garing yang digoreng secara deep fried.

Adonan dari roti ini terbuat dari tepung terigu, susu, ragi, gula, dan garam. Makanan ini disantap dengan krim asam, keju parut, cokelat, kacang, atau bahkan daging-dagingan sebagai topping-nya. Tak hanya itu saja, bawang putih pun dapat ditambahkan untuk menciptakan rasa yang lebih gurih.

5. Halászlé

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!african-violet.eu

Halászlé termasuk dalam salah satu hidangan terpedas di benua Eropa. Makanan ini merupakan sup pedas yang berisi tomat, bawang, anggur putih, serta ikan. Tingkat kepedasan dari Halászlé dapat berbeda-beda yang berkisar mulai dari ringan sampai sangat pedas.

6. Esterházy Torte

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!bylelush.blogspot.co.id

Esterházy Torte merupakan kue keluarga kerajaan dan sudah ada sejak zaman dahulu. Nama kue klasik ini diambil dari nama salah satu pangeran Hungaria. Kue ini tidak diolah dari adonan kue biasa loh, melainkan menggunakan meringue almond yang dibentuk menjadi lima lapisan dan dihias dengan hazelnuts butter cream di atasnya.

Sehingga wajar saja jika rasa dan aroma hazelnut-nya begitu pekat. Nah, keunikan lain dari kue ini adalah pada 'pola jaring laba-laba' yang menjadi ciri khasnya.

7. Pálinka

7 Kuliner Klasik dari Hungaria Ini Siap Menggelitik Lidahmu!foodtourbudapest.com

Pálinka adalah minuman khas dari Hungaria yang diolah dari brendi dengan campuran rasa aprikot, ceri, dan plum. Minuman ini harus disajikan pada kisaran suhu 18-20°C supaya aroma dan rasa halus dari buah dapat dinikmati dengan maksimal. Sebab apabila disajikan dalam keadaan yang terlalu dingin, bau dan rasa dari Pálinka akan sulit untuk diapresiasi.

 

Rahmadila Eka Putri

A perfectly imperfect human. ( Facebook: Rahmadila Eka Putri | Instagram: @rahmadilaekaputri | Twitter: @ladilacious )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Agustin Fatimah
EditorAgustin Fatimah
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI