Sebuah hidangan biasanya bakal terasa lebih enak kalau dinikmati dalam keadaan panas. Apalagi makanan yang berkuah seperti bakso, soto, rawon, dan sebagainya.

Selain makin nikmat, menyantap makanan panas ternyata punya manfaat lain bagi kesehatan, lho! Di antaranya lima hal berikut ini yang dilansir dari The Cable Lifestyle.

1. Peluang terkontaminasi bakteri lebih rendah

Hari Kuliner Nasional: Ini 5 Manfaat Menyantap Makanan Masih HangatUnsplash.com/Pooja Chaudhary

Biasanya mikroorganisme seperti bakteri pada bahan makanan akan mati selama proses memasak, karena mereka tak bisa hidup dalam suhu terlalu tinggi. Namun, bukan berarti makanan yang telah jadi gak bakal terinduksi bakteri.

Jika makanan dibiarkan terlalu lama dalam ruang terbuka, tak menutup kemungkinan akan terkontaminasi kuman, bakteri, hingga virus di udara. Karena itu ada baiknya segera habiskan makanan begitu disajikan.

2. Lebih mudah dicerna

Hari Kuliner Nasional: Ini 5 Manfaat Menyantap Makanan Masih HangatUnsplash.com/Henrique Félix

Makanan hangat bisa dicerna oleh tubuh dengan mudah, sehingga organ-organ pencernaan tak perlu bekerja terlalu berat. Di samping itu, senyawa-senyawa dalam bahan makanan akan terpecah saat dimasak. Sehingga begitu dikonsumsi langsung, nutrisi tersebut akan mudah diserap tubuh.

Namun, para penderita diabetes perlu mewaspadai hal ini. Ada sejumlah bahan pangan yang indeks glikemiknya makin tinggi setelah dimasak. Contohnya nasi putih dan wortel. Semakin tinggi kadar glikemiknya, gula darah juga akan semakin meningkat.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Perbedaan Fast Food dan Junk Food

3. Membantu menjaga suhu badan

Hari Kuliner Nasional: Ini 5 Manfaat Menyantap Makanan Masih HangatUnsplash.com/Carli Jeen

Menyantap makanan atau minuman panas dapat membantu mengatur suhu tubuh, sebagai respons terhadap iklim sekitar. Karena alasan ini pula, orang Korea Selatan gemar makan makanan hangat saat musim panas. Padahal kalau cuaca sedang panas, kita justru ngidam minuman dingin, kan? 

Mereka mengatakan kalau makan makanan panas justru bisa membuat tubuh segar dan menurunkan suhu tubuh. Keringat yang keluar akan memberikan sensasi cooling down setelah makan.

4. Tubuh bakal menyimpan lebih banyak energi

Hari Kuliner Nasional: Ini 5 Manfaat Menyantap Makanan Masih Hangatpixabay.com/skeeze

Ketika menyantap makanan panas atau hangat, tubuh akan menyimpan lebih banyak energi karena proses metabolisme yang efisien. Hal ini menguntungkan, karena kita bisa mendapat manfaat nutrisinya secara maksimal. 

5. Membuat tubuh jadi lebih rileks dan segar

Hari Kuliner Nasional: Ini 5 Manfaat Menyantap Makanan Masih HangatUnsplash.com/Tyler Nix

Saat lelah atau sedang sakit, makanan berkuah panas biasanya bikin perasaan jadi lega dan lebih nyaman. Bahkan sup ayam dianggap sebagai obat terbaik ketika flu, karena bisa memberikan efek tenang secara instan.

Nah, ternyata banyak ya manfaat menyantap makanan saat masih hangat atau panas. Kamu sendiri lebih suka yang masih hangat atau sudah dingin, nih? Share di kolom komentar ya! 

Baca juga: Review Djournal Coffee Surabaya: Ngopi Asyik yang Bikin Betah