6 Menu Indonesia ini Punya Nama "Unik", Sadar Gak?

#KulineranYuk! Kamu Sadar, Gak ?

6 Menu Indonesia ini Punya Nama "Unik", Sadar Gak? resepdanmasakan.com

Line IDN Times

Kalau lapar ya makan. Kalau haus ya minum. Mungkin karena terlalu fokusnya kita menghilangkan rasa lapar dan haus, kita sering nggak sadar kalau beberapa makanan di sekitar kita punya nama yang unik. Apa aja ? Berikut nama-nama makanan dan minuman yang punya nama unik!

1. Lontong Balap

Bagi kamu yang bukan orang asli Surabaya, mungkin jika mendengar nama makanan satu ini akan kaget. Yups! Namanya Lontong Balap. Mungkin terbesit dipikiran, kamu akan melihat lontong balapan. Padahal ini hanya nama sebuah makanan. Dilansir dari travel.kompas.comalasan mengapa dinamakan lontong balap adalah dulu orang-orang penjual makanan ini banyak sekali. Mereka semua berjualan di kebun binatang. Setiap pagi, ketika mereka bersepeda menuju tempat berjualan tampak seperti orang balapan. Kemudian orang menyebut 'Itu lontong balapan'. 

2. Trancam

Namanya seperti kondisi ya ! Tenang aja, kamu nggak bakal Trancam (baca: terancam) kok sehabis makan nasi pakai ini. Mungkin dari kamu ada yang berpikir, apa bedanya sama urap-urap ? Keduanya sama saja bahannya, yang membedakan adalah kalau urap-urap sayurannya direbus terlebih dahulu sedangkan trancam tidak. Trancam ini enak sekali disantap bersama tempe penyet dan nasi hangat ! Hmmm...Enak !

3. Kasuami

Ketika kamu mendengar nama makanan ini, kamu mungkin akan fokus pada 'suami'. "Memangnya istri mana yang rela suaminya dijadikan masakan...". Ini bukanlah suami pasangannya istri. Kasuami adalah makanan khas dari sulawesi tenggara. Terbuat dari parutan singkong yang dikukus menggunakan cetakan seperti tumpeng selama 15 menit.

4. Es Palu Butung

Es Palu Butung adalah salah satu keanekaragaman kuliner Makassar. Jangan salah persepsi, kamu tidak akan menemukan palu yang biasanya digunakan untuk paku pada makanan segar ini ! Es Palu Butung ini hampir sama dengan Es Pisang Ijo, hanya ada sedikit perbedaan yakni pada pembungkus pisangnya. Kalau Es Palu Butung, pisangnya tidak dibungkus balutan tepung beras seperti Pisang Ijo.

Ketoprak

Bagi kita yang tidak pernah makan makanan satu ini, kita pasti akan mengira nama makanan ini adalah drama lawak tradisional. Ketoprak adalah makanan yang sejenis dengan gado-gado, batagor dan pecel yang menggunakan bahan dasar kacang untuk bumbunya.

Es Teler

Kita sering mendengar nama minuman satu ini. Tapi sadar nggak sih kalau namanya kontroversial. Sehabis kamu makan ini, kamu akan teler. Bukan teler karena pusing, tetapi teler karena enaknya nggak ketulungan ! 

So, kapan mau nyoba ?

Ngaku pecinta kuliner? Tulis artikel serba-serbi tentang kuliner, dapatkan gratis 100 poin!

Mirza Bareza

Betah ngedit video berjam-jam.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI