11 Makanan Khas Daerah yang Bikin Kamu Batal Liburan ke Luar Negeri

Lezatnya tak terkira...

11 Makanan Khas Daerah yang Bikin Kamu Batal Liburan ke Luar Negeriraunday.com

Line IDN Times

Kita semua pasti setuju, Indonesia kaya akan budaya, apalagi kuliner aslinya. Tiap daerah bahkan memiliki makanan andalannya sendiri-sendiri. Dan rasanya tak akan cukup kalau hanya dicicipi sekali saja. Alih-alih berburu pengen pindah ke luar negari, kelezatan kuliner nusantara ini bisa membatalkanmu hengkang. Alasannya, cuma karena takut tidak bisa memakannya lagi.

Gak percaya? Ini sederetan makanan asli nusantara yang bikin kamu makin cinta sama Indonesia!

1. Siapa yang bisa menolak kelezatan Ayam Betutu?

Ayam Betutu adalah masakan tradisional dari Pulau Dewata. Cara memasaknya adalah ayam utuh yang diberi bumbu spesial lalu dibakar. Namun setelah matang, dagingnya begitu kaya akan rasan dan lembut seperti dikukus. Siapa yang tahan dengan godaan ayam betutu?

2. Bubur Tinutuan: Bbbur paling enak yang pernah ada!

Bubur ini dikenal juga dengan nama bubur Manado. Berbeda dari bubur umumnya yang cenderung rasanya datar, Bubur Tinutuan kaya akan rasa. Isinya sayuran, ikan, dan lauk nabati sebagai pelezat. Gak bisa move on deh dari makanan ini!

3. Siapa yang tahan dengan godaan Gohu Ikan Maluku? Gak ada!

Masakan ini dikenal juga dengan Sashimi Ternate. Bahan dasarnya adalah ikan tuna yang ditaburi bumbu campuran garam, perasan lemon dan kemangi. Lalu, dilumuri tumisan minyak kelapa, bawang merah, dan cabe rawit. Terakhir dihias dengan taburan tumbukan kacang tanah goreng.

4. Papeda Irian Jaya yang gak ada duanya!

Inilah kelezatan masakan saudara kita dari pulau ujung timur Indonesia. Papeda ialah bubur sagu yang disajikan bersama kuah ikan tongkol berbumbu kunyit. Meskipun bubunya berasa tawar, namun kandungan seratnya dan nutrisinya begitu tinggi. Masakan ini juga rendah kolestrol.

5. Sejauh apapun kamu berpetualang, gak ada deh kuliner yang lezatnya ngalahin Rendang Padang.

Rendang mungkin sudah begitu familiar bagi penggemar masakan Padang. Berbahan dasar daging dan santan kelapa yang dimasak bersama berbagai bumbu rempah.

Baca Juga: Inilah 10 Makanan Khas Saat Lebaran di Berbagai Negara

6. Gulai Belacan Riau: Surganya para pecinta seafood Indonesia!

Pecinta seafood pedas akan menggemari masakan khas Riau ini. Dimasak dengan menggunakan bahan dasar ikan laut, udang, atau lobster. Kuahnya memanfaatkan bumbu terasi dan beberapa sayuran sederhana. Gulai Belacan membuat lidah penggemar terasi berdansa.

7. Kamu para pecinta kuliner pasti setuju kalau mie kocok Bandung itu JUARA!

Kuah Mie Kocok Bandung lebih kental daripada masakan olahan mie lainnya. Rasanya begitu membekas di lidah. Isinya memanfaatkan mie gepeng, tauge dan kikil. Bisa juga memanfaatkan bakso daging, bihun dan sawi hijau.

8. Gudeg Jogja: makanan khas Indonesia dengan komposisi budaya, kelezatan dan kearifan.

Sajian legendaris dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Makanan pemanja untuk pecinta rasa manis. Sayurnya terdiri dari nangka muda yang diolah dengan gula merah dan santan. Cocok dimakan bersama banyak jenis lauk seperti ayam goreng, tahu atau tempe bacem, serta kerupuk kulit sapi (rambak). Oiya, jangan lupakan kuah sambal krecek untuk sedikit menghadirkan percikan rasa pedas.

9. Rasa unik Pempek Palembang yang bikin kamu susah lupa!

Makanan khas Palembang. Sudah tersebar ke seluruh penjuru Nusantara sehingga mudah ditemui. Bahan dasarnya adalah ikan dan tepung. Sausnya menggunakan paduan gula serta cuka.

10. Bandeng Presto Semarang yang legendaris ini susah ditemukan di belahan dunia yang lain.

Ikan bandeng dimasak dalam panci bertekanan tinggi yang disebut presto. Maka nama masakan ini bandeng presto. Hasilnya adalah seluruh bagian tubuh bandeng menjadi lunak dan bisa dimakan. Lengkapi sajiannya dengan nasi hangat dan sambal terasi untuk membuat lidahmu bergoyang salsa.

11. Kwe Kia Theng Aliung, makanan khas Pontianak yang bikin lidah terasa dimanja.

Bagi pecinta masakan olahan dari daging sapi, wajib mencoba masakan ini. Rasanya begitu gurih dan lezat, yang mendampingi hasil olahan dari jeroan.

Masih banyak daerah di Nusantara yang belum terjelajahi. Masih berserakan masakan daerah yang akan menggoyang lidah kita. Yuk kita lanjutkan petualangan ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: Oleh-oleh Makanan Khas Berbagai Kota Paling Favorit di Indonesia

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang33%
  • Vote SedihVote
    Sedih0%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur19%
  • Vote MarahVote
    Marah0%
  • Vote KagetVote
    Kaget10%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi38%
ARTIKEL TERKAIT