Makan makanan khas dari suatu negara pastinya menyenangkan. Lalu, apa jadinya kalau kamu menikmati kombinasi makanan khas dari dua tempat berbeda sekaligus? Nama trennya adalah makanan mash-up atau hybrid yaitu ketika orang memodifikasi suatu makanan dan mencampurkannya dengan unsur rasa dari wilayah lain. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi menu berbuka puasamu nih! 

1. Japadog

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Serubirryram.com

Japadog atau Japanese Hotdog ditemukan oleh Noriki Tomura, pria asli Jepang yang pindah ke Kanada untuk mewujudkan mimpinya jadi pengusaha kuliner. Ia kemudian membuktikan kalau citarasa Jepang cocok dipadukan sebagai isi hotdog yang khas Amerika. Bisa dicoba nih buat kamu yang gemar makanan Jepang. 

2. Muffles

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Seruangesdesucre.com

Muffle bukan berarti muffin-waffle melainkan perpaduan marshamallow dengan chocolate truffle. Bisa kamu coba, cukup melapisi marshmallow kamu dengan coklat cair dan biarkan mendingin. Sepertinya enak nih buat camilan buka puasa atau lebaran. Biar gak hanya makan kurma, nastar sama kastengel terus. 

3. Sushi Donut

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Serutwitter.com/supperlondon

Perpaduan makanan khas Jepang dengan Amerika ini sedang tren di Australia lho! Sebenarnya sama seperti sushi biasa, hanya saja bentuknya diubah menyerupai donat dengan lubang di tengah dan isian sushinya ditata di atas nasi mengelilingi lubangnya. 

4. Burger Nasi atau Burger Mie

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Serurefinery29.com/

Burger biasanya menggunakan roti khusus berbentuk lingkaran sebagai pelapis bagian bawah dan atasnya. Nah, kali ini orang-orang mencoba mengganti roti tersebut dengan nasi atau mie yang sudah dicetak menyerupai lingkaran. Untuk membuatnya kamu perlu nasi yang cukup pulen seperti nasi sushi. Sementara, untuk mie kamu bisa menggunakan telur sebagai perekatnya.

5. Cronut

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Serubuzzfeed.com

Perpaduan antara roti khas Prancis dengan donat ala Amerika, jadilah Cronut. Sebenarnya, bahannya sama dengan croissant biasa, hanya bentuknya yang kemudian diubah seperti donat yang bulat. Kamu pun akan mendapatkan donut dengan lapisan pastri yang lebih renyah dibanding donat biasa.

6. Es Krim Macaron

6 Makanan Hybrid nan Unik yang Bisa Jadi Menu Berbuka Serunewyork.seriouseats.com

Perpaduan antara dua keping macaron yang renyah dan legit dengan es krim yang lembut dan segar di tengahnya. Pasti jadi dessert yang mantap banget untuk berbuka puasa. Kalau gak begitu suka dengan kepingan macaron yang manis, bisa kamu ganti dengan biskuit. 

Nah, pengen coba yang mana dulu nih?

#MasakItuGampang: Bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel seputar tips & rekomendasi kuliner

Dwi Ayu Silawati Photo

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.