TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ragam Olahan Telur dari 10 Negara

Hmmm, enak. Bikin lapar!

thisisinsider.com

Telur adalah bahan makanan yang tersedia di mana saja. Telur banyak dikonsumsi karena kandungan gizinya tinggi, mudah didapat, dan juga mudah pengolahannya. Kalau di Indonesia, telur biasanya digoreng dadar atau ceplok untuk disantap bersama nasi putih, atau sebagai pelengkap nasi dan mi goreng. Telur bisa juga direbus untuk ditambahkan dalam gado-gado atau sepiring siomay.

Nah, dikutip dari thisisinsider.com, beginilah cara menyantap telur di 15 negara berbeda. Simak, yuk!

1. Jepang: Tamagoyaki

thisisinsider.com

Wah, kalau makanan Jepang satu ini sepertinya sudah banyak ditemukan di Indonesia, ya. Cara pembuatannya pun mudah. Sebenarnya sama seperti telur dadar yang biasa kita buat. Bedanya, telur dadar Jepang ini dibuat berlapis-lapis lalu digulung sampai membentuk balok. Jadi lapar...

2. Sri Lanka: Egg Hopper

thisisinsider.com

Di Sri lanka, telur biasa disajikan dalam mangkuk roti yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Telur yang disajikan adalah telur rebus setengah matang.

3. Inggris: Scotch Egg

thisisinsider.com

Di Inggris, telur rebus setengah matang dikupas lalu dibungkus bersama daging giling yang sudah dibumbui. Daging berisi telur ini kemudian dipanggang sebentar sampai matang. Ketika dibelah nanti, hmmm... Lelehan kuning telurnya menggoda sekali!

4. Yunani: Avgolemono Soup

thisisinsider.com

Di Yunani, telur disajikan sebagai bahan campuran sup. Telur dikocok lalu dimasak bersama kauh kaldu, tepung maizena, dan perasan jeruk lemon. Kemudian ditambahkan potongan ayam atau daging lainnya. Hasilnya seperti krim sup.

5. China: Century Egg

thisisinsider.com

Pembuatan century egg ini mirip sepertitelur asin kalau di Indonesia. Telur ayam atau bebek mentah diperam dengan campuran tanah liat, kapur, dan garam selama beberapa minggu.

Bedanya dengan telur asin, pembuatan century egg ini ditambahkan juga serbuk kapur. Hasilnya pun beda. Bagian putih telurnya sampai berwarna cokelat dan bagian kuningnya mulai menghitam.

6. Israel: Shakshuka

thisisinsider.com

Tampilannya cukup menggugah selera, ya? Di Turki, telur dimasak setengah matang lalu dicampurkan bersama saus merah kental yang dibuat dari tomat, bawang bombay, dan aneka cabai.

7. Prancis: Egg en Cocotte

thisisinsider.com

Kalau di Prancis, telur disajikan sebagai teman makan roti saat sarapan. Cara membuatnya, telur dipecahkan ke dalam mangkuk kecil lalu direbus dalam air mendidih bersama mangkuknya sekaligus. Sambil direbus, telur diaduk-aduk sampai setengah matang. Angkat dari panci lalu taburi dengan daun parsley.

8. Tunisia: Brik

thisisinsider.com

Di Tunisia, telur biasa disajikan sebagai bahan isian samosa. Kulit samosa yang tipis seperti kulit pangsit, diisi dengan campuran telur, cacahan tuna, bawang, dan daun bawang. Samosa biasanya digoreng kering sampai bagian kulitnya krispi. Mungkin di Indonesia makanan ini mirip martabak, ya...

9. Meksiko: Huevos Rancheros

thisisinsider.com

Meksiko terkenal dengan roti khasnya yaitu tortilla. Ternyata di sana telur pun disajikan bersama tortilla. Telur ceplok ditata di atas piring bersama tortilla, saus salsa, dan potongan avokad. Biasanya juga ditambahkan tomat atau sayuran lain. Wah, makanan sehat, nih!

Verified Writer

Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya