5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!

Apalagi pacar, jadi makin sayang

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!pexels.com

Ketika bangun pagi hari, hal yang pertama kamu lakukan adalah menguap. Proses menguap ini biasanya menyisakan sensasi aroma kurang sedap dari rongga mulut alias bau mulut. Syukur-syukur kalau cuma kamu yang mencium bau tersebut. Kalau orang lain kena dampaknya, gimana?

Mungkin kalau bau mulut karena bangun tidur bisa diwajari. Tapi kalau kita sudah sikat gigi, tetap bau mulut, orang lain pasti bakal terganggu. Mereka jadi malas ngobrol sama kita. 

Banyak penyebab bau mulut tersebut. Misalnya karena kita mengonsumsi makanan tertentu yang aromanya tak sedap atau menyengat. Seperti jengko, pete, bawang, atau durian. Selain dari makanan, bau mulut (halitosis) juga disebabkan karena faktor kebersihan atau kesehatan mulut yang buruk dan merokok.

Bau mulut yang disebabkan makanan dan minuman biasanya bersifat sementara dan bisa dihindari dengan mudah. Caranya? Tentu saja dengan menghindari makanan atau minuman tersebut. Kalau kamu merasa aroma mulut tak sedap, cobalah beberapa konsumsi di bawah ini:

1. Apel

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!pexels.com

Apel tidak hanya membantu menghilangkan plak pada gigi, tapi juga membantu mulut menghasilkan air liur lebih banyak. Hal ini merupakan cara alami untuk melawan bau mulut. Konsumsilah setidaknya satu buah apel setiap hari agar mendapatkan hasil yangmaksimal.

2. Kayu Manis

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!pixabay.com

Mencium aroma kayu manis aja sudah menggiurkan. Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk memasak.

Tetapi siapa sangka, ternyata kayu manis juga sangat ampuh melawan bau mulut. Sebab, kayu manis mengandung minyak esensial yang terbukti mampu melawan bau mulut. Bakteri yang berada dalam mulut akan terbunuh secara alami.

3. Mentimun

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!kesehatan-kulit.info

Mentimun sangat kaya kandungan senyawa air yang baik untuk menghilangkan bau mulut. Air mencegah mulut kering dan membuang sisa makanan yang terselip pada gigi.

Seperti apel, faktor crunch pada mentimun juga membantu merangsang produksi air liur untuk menghidrasi mulut kita. Jika timun bukan makanan kesukaanmu, cobalah mengunyah seledri untuk mendapatkan efek yang sama.

4. Grapefruit

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!pixabay.com

Buah sitrus yang satu ini mengandung vitamin C. Gak cuma membantu mengendalikan tingkat bakteri di mulut, tapi juga membantu melawan penyakit dan radang gusi yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

5. Yogurt Yunani

5 Makanan Enak Pencegah Bau Mulut, Semua Orang Bakal Menyukaimu!pixabay.com

Yoghurt diyakini bisa membantu mengurangi jumlah senyawa hidrogen-sulfida dan bau lainnya yang ada dalam mulut kita.

Nah, sudah tahu kan makanan yang bisa mencegah kamu bau mulut. Coba konsumsi mereka secara rutin. Dijamin kamu bakal makin pede ketika ngobrol dengan orang lain. Orang-orang pun akan nyaman denganmu.

Baca Juga: Awas, 6 Makanan "Sehat" Ini Ternyata Gak Baik buat Tubuh Lho!

Aidil Rhadi DiCaprio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Dewi Suci R.
EditorDewi Suci R.
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI