Afrika terkenal akan keindahan alam safari yang sangat menakjubkan. Berbagai spesies hewan langka banyak hidup dan berkembang biak di sana. Namun ternyata bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa kita nikmatin dari Afrika. Karena ternyata makanannya juga enak-enak dan harus banget dicoba.

Berikut delapan makanan khas Afrika yang harus ada di daftar makanan kamu!

1. Mandazi

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!pinterest.com

Makanan ini mirip donat dari Indonesia, mandazi berasal dari Afrika Timur. Bahan dasarnya terdiri dari air, gula, tepung, ragi, dan susu. Beberapa pedagang kaki lima di sana banyak menjual mandazi dengan tambaha topping berbagai rasa.

2. Fufu

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!youtube.com

Fufu adalah olahan makanan yang berbahan dasar ubi atau kentang. Makanan ini diolah dengan cara ditumbuk hingga menjadi lembut, kemudian dimakan bersama sup,pasta atau beberapa jenis lauk khas lainnya.

3. Bobotie

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!24.co.za

Ini adalah hidangan nasional Afrika Selatan. Bobotie merupakan hidangan manis dan pedas yang terdiri dari daging cincang kari, dipanggang dengan buah (Seperti kismis) dan topping berbasis krim. Asal-usul batang bobotie berasal dari sisa makanan yang dicampur dan dipanggang.

4. Nasi Jollof

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!nyt.com

Nasi jollof biasanya dibuat dengan nasi, tomat, pasta tomat, daging, rempah-rempah, dan sayuran. Nasi jollof dibuat dan dipesan untuk perayaan meriah. Tapi karena sangat lezat, masyarakat sering mengonsumsinya sehari-hari.

5. Nasi daun singkong

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!amazonaws.com

Makanan pokok yang satu ini sangat disukai di Liberia, Sierra Leone, dan Guinea. Proses pembuatannya berawal dari daun singkong ditumbuk dan dimasak bersama daging, ikan, air (Atau santan), dan bahan lain, tergantung pada daerah serta resepnya.

6. Kachumbari

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!wikimedia.org

Setiap daerah pastinya punya hidangan khas yang unik. Kali ini hidangannya adalah salad khas Afrika. Salad ini dibuat dari campuran tomat segar dan beberapa sayuran lain seperti kubis dan bawang bawangan. Hidangan ini populer di masakan Madagaskar, Afrika Timur dan kawasan Great Lakes Afrika.

7. Tagine

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!taste.com

Daging ini dimasak secara turun temurun sejak zaman dahulu. Hidangan yang berbahan dasar ayam atau ikan dari Afrika Utara ini dimasak di atas gerabah dan uniknya mereka namai sesuai dengan jenis gerabah yang dimasak lho!

8. Ayam Piri Piri

Bukan Wisata Safarinya Aja, 8 Makanan Khas Afrika Ini Layak Kamu Coba!smittenkitchen.com

Hidangan ini umumnya dikenal hanya sebagai ayam panggang piri piri oleh wisatawan, dan secara tradisional disajikan dengan matapa, sajian daun singkong yang dimasak dengan saus kacang. Piri piri adalah campuran bumbu kaya rempah yang dipadukan dengan parutan kelapa. Cita rasa unik dari sajian ini merupakan hal yang harus kalian coba saat melancong ke Afrika.

Jadi udah siap pergi ke Afrika buat nyobain semua makanan di atas, guys?

alys

find your passion&love to life. kindly watch this video https://youtu.be/i4uOBX4x1Yw

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.