Ke Mana Perginya Lemak Saat Berat Badan Turun?

Wah begitu ya..

Ke Mana Perginya Lemak Saat Berat Badan Turun? Liputan6.com

Line IDN Times

Sebuah studi dari UNSW Australia, menemukan bahwa meskipun banyak kesalahpahaman tentang lemak yang diubah menjadi energi atau panas. Sebenarnya, lemak tersebut dihembuskan keluar sebagai karbondioksida, dilepaskan ke udara yang tipis.

Kelebihan karbohidrat dan protein diubah menjadi senyawa kimia yang disebut trigliserida (yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen). Kemudian, disimpan dalam tetesan lipid sel lemak. Saat menurunkan berat badan, kamu sedang mencoba memetabolisme trigliserida itu. Artinya, tubuh sedang melepaskan karbon yang tersimpan di sel lemak ke udara yang tipis.

Baca Juga: Mau Diet Efektif? Coba Kurangi Konsumsi Makanan Ini!

Dalam proporsi massa yang tersimpan dalam 10 kilogram lemak, ditemukan bahwa 8,4 kilogramnya dihembuskan sebagai karbon dioksida. Ternyata, paru-paru kita adalah organ ekskretoris utama untuk menurunkan berat badan. Sisanya, 1,6 kilogram diubah menjadi air, yang diekskresikan dalam urin, kotoran, keringat, napas, air mata, dan cairan tubuh lainnya.

Sayangnya, bernafas normal tidak mampu menurunkan berat badan kita. Pernapasan lebih dari tingkat yang dibutuhkan dapat menyebabkan hiperventilasi, mengakibatkan pusing, jantung berdebar, dan kehilangan kesadaran.

Baca Juga: Diet Pelangi a la Warna Makanan Ini Bikin Tak Cepat Lapar

 

Robert Hendra Putra Photo

Seorang manusia bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang0%
  • Vote SedihVote
    Sedih0%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur0%
  • Vote MarahVote
    Marah0%
  • Vote KagetVote
    Kaget0%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi0%
ARTIKEL TERKAIT