9 Fakta Unik Tentang Oatmeal, Makanan yang Cocok Menemani Sarapanmu!

Makanan sehat penjaga tubuh

9 Fakta Unik Tentang Oatmeal, Makanan yang Cocok Menemani Sarapanmu!http://www.foods4betterhealth.com/

Line IDN Times

Oatmeal adalah jenis makanan sehat yang kini terkenal di kalangan sebagian orang yang sedang melakukan diet. Oatmeal kerap kali dijadikan salah satu menu untuk sarapan pagi karena saat ini oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak ditemui sehingga menu oatmeal ini lebih praktis dibuat. Kamu hanya cukup menyeduhnya hingga berbentuk seperti bubur kemudian dapat langsung disantap. Namun di Indonesia, hanya segelintir orang yang sudah memanfaatkan oatmeal sebagai menu sarapan.

Jika kamu termasuk golongan pemakan oatmeal, apakah kamu sudah tahu fakta-fakta seputarnya? Yuk, gali infomu tentang oatmeal seperti hal-hal berikut ini.

1. Havermut merupakan nama lainnya

Namun, di Indonesia sendiri nama oatmeal lebih populer dibandingkan havermut yang masih jarang didengar.

2. Komposisi utamanya berasal dari oat yang masih satu keluarga dengan gandum

Bedanya oat dengan gandum yaitu oat dapat dimakan secara langsung, sementara gandum harus diolah terlebih dulu melalui tahapan proses menjadi tepung dan baru dapat dijadikan berbagai makanan seperti roti.

3. Bahan baku oat yang berasal dari daerah Asia

Meskipun berasal dari Asia, tetapi bangsa Eropa lebih dulu membudidayakan dan mengolahnya menjadi makanan pokok sehari-hari. Tak heran jika di Eropa memakan oatmeal adalah suatu hal yang biasa.

4. Memiliki kandungan serat alami yang tinggi

Dalam 100 gram oat mengandung 9,9-14,9 gram total serat. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa oat merupakan makanan yang dapat menjaga kesehatan pencernaan akibat mengonsumsi makanan instan dan bahan makanan yang mengandung pestisida.

5. Kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh

Contoh mineral yang terkandung dalam oat yaitu magnesium, kalsium, besi, fosfor, kalium, dan asam folat.

6. Memiliki tiga komponen antioksidan

Komponen tersebut adalah trikotienol, asam ferulat, dan asam kafeat yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Dan uniknya, ketiga komponen antioksidan yang terdapat pada oat berbeda dengan komponen antioksidan dari makanan berserat lainnya.

7. Dapat mencegah berbagai penyakit

Karena memiliki kandungan serat, mineral, dan antioksidan yang tinggi, dengan memakan oatmeal juga dapat mencegah penyakit kanker usus, sembelit, obesitas, kolesterol, jantung koroner, kanker payudara dan kanker prostat.

8. Dapat dikonsumsi oleh berbagai usia

Mulai dari anak-anak hingga lansia dapat mengonsumsi oatmeal. Beberapa bayi yang berusia kurang dari 1 tahun bahkan ada yang mengonsumsi oatmeal sebagai makanan pendamping ASI. Namun, tentunya tetap harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

9. Penyajiannya dapat lebih bervariasi

Oatmeal dapat disantap dengan tambahan susu, madu, cinnamon atau buah-buahan seperti pisang, strawberry, dan cherry. Semakin enak dan juga sehat pastinya.

Bagi kamu yang belum pernah memakan oatmeal, fakta-fakta di atas dapat dijadikan pertimbangan supaya kamu mau mencobanya. Meskipun nasi tetaplah menjadi makanan pokok di Indonesia, memakan oatmeal tak ada ruginya!

Nuraini Fathiarisa

Looking for a job

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI