TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hindari Diabetes, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mengontrol Gula Darahmu

Tahun baru, hidup sehat yuk!

mahimacenter.com

Makanan yang kita konsumsi sehari hari akan memberikan dampak langsung pada kadar gula darah dalam tubuh kita. Contohnya pada makanan berkarbohidrat sederhana seperti tepung dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat secara drastis.

Namun pada penderita diabetes cenderung memiliki kadar gula darah tinggi karena inefisiensi insulin, hormon yang dikeluarkan oleh pankreas. Untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes, berikut 5 makanan yang dapat membantu menurunkannya. Termasuk juga bisa menghindarkan kamu dari diabetes.

1. Kacang - kacangan

healthywomen.org

Kacang mengandung lemak tak jenuh, protein dan berbagai vitamin dan mineral yang menurunkan kolesterol, pembengkakan dan resistensi insulin. Kita dapat mengkonsumsi secara rutin kacang kacangan untuk mengendalikan kadar lemak darah dan trigliserida yang tinggi.

2. Makanan kaya protein

runnersacrossjordan.com

Protein dari telur, ikan daging dan ayam dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Hal tersebut terjadi karena kadnungan protein yang ada pada makanan ditas dapat memberikan efek netral pada kadar glukosa dalam darah.

3. Pare

scoopwhoop.com

Pare mengandung senyawa mirip insulin yang disebut Polipeptida-p atau p-insulin yang telah terbukti mengendalikan diabetes secara alami. Sebuah laporan yang dikeluarkan dalam Journal of Chemistry & Biology memberi bukti bahwa konsumsi labu pahit cenderung meningkatkan serapan glukosa dan meningkatkan kontrol glikemik.

4. Amla

diyaromatherapy.wordpress.com

Amla adalah buah pohon gooseberry India dan merupakan obat tradisional untuk mengendalikan kadar gula darah tinggi. Amla juga mengandung sejenis mineral yang disebut kromium yang mengatur metabolisme karbohidrat dan membantu membuat tubuh kita lebih responsif terhadap insulin.

Verified Writer

alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya